BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Sosialisasi Penambilan data Capel jargas Bumi untuk Rumah Tangga guna Penyusunan FEED dan DEDC, Jargas Kecamatan Tungkal Jaya


Tungkal Jaya, Bappeda Musi Banyuasin mengadakan Sosialisasi Pengambilan Data Capel Jargas Bumi untuk Rumah Tangga di Kecamatan Tungkal Jaya untuk Penyusunan Front End Engineering Desing (FEED) dan Detail Engineering Design For Contruction (DEDC) Pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga di Kecamatan Tungkal Jaya Tahun 2021. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Tungkal Jaya pada pukul 14.00 Wib (24/11/2020). Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bapak Sempeno, SE, M.Si, mewakili Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin, Bapak Anhar selaku Sekretaris Camat Tungkal Jaya, Jefri Nainggolan mewakili Ditjen Migas Kementrian ESDM, Budi Aprianto dari PT. Sena selaku Konsultan Perencana, Syaiful mewakili PGN, beserta Kepala Desa dalam Kec. Tungkal Jaya Kab. Musi Banyuasin.

Dalam sambutannya Sempeno mengatakan “Pembangunan Pemasangan Jargas untuk Rumah Tangga di Kabupaten Musi Banyuasin mendapat kuota sebanyak 10.000 SR, dengan pembagian kuota yaitu Kecamatan Sekayu, Kec. Babat Supat, Kec. Tungkal Jaya dan Kec. Sungai Lilin. Awalnya Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mengusulkan sambungan ke setiap kecamatan sebanyak 4.000 SR, tetapi hanya disetujui sebanyak 3.000 SR. Untuk sementara wilayah yang akan diadakan Pemasangan Jaringan Gas untuk Rumah Tangga untuk tahun 2021 di Kecamatan Tungkal Jaya yaitu Desa Peninggalan, Desa Simpang Tungkal, Desa Sinar Tungkal, Desa Pandan Sari dan Desa Bangun Mulyo. Sempeno berharap agar Perangkat Kecamatan/Desa untuk kooperatif membatu dalam Pendataan Calon Pelanggan di Kecamatan Tungkal Jaya sehingga pembangunan pemasangan Jargas ini dapat berjalan dengan lancar dan aman.”

‘Alhamdulillah, kami masyarakat Kecamatan Tungkal Jaya sangat menginginkan Pembangunan Pemasangan Jaringan Gas untuk Rumah Tangga ini, apalagi dengan harga yang ekonomis dan efesien, papar Sekcam Tungkal Jaya. Sementara itu perwakilan dari Ditjen Infrastruktur Kementrian ESDM Bapak Jefri Nainggolan mengatakan bahwa proses Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga merupakan kegiatan berdampak langsung dengan masyarakat.

Terima kasih yang luar biasa untuk Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terkhusus Bappeda Kab. Musi Banyuasin dan pemasangan Jaringan Gas untuk Rumah Tangga ini tidak dipungut biaya alias gratis. Dari pihak konsultan perencana dalam hal ini PT. SENA, Budi Apriyanto mengatakan survey akan dilakukan dengan cara door to door. Mohon kepada Perangkat Kecamatan/Desa agar segera mengumpulkan data masyarakat guna memenuhi prosedur berlangganan dan mempercepat proses survey di lapangan. Formulir permohonan berlangganan gas dengan lampiran Kartu Keluarga, KTP, nomor hp calon pelangga serta fotocopi rekening listrik. Dan juga pada saat pendataan diharapkan warga untuk tidak meninggalkan rumah terlebih dahulu, karena akan memperlambat pendataan.