BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

6 INOVATOR dari Kabupaten Musi Banyuasin mengikuti Lomba Inovasi Tingkat Provinsi


Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mengikuti Lomba Pemilihan Inovator tingkat provinsi Sumatera Selatan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HATEKNAS) Tahun 2020.

Menurut Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin Chairul, ST yang diwakili oleh Kasubbid Inovasi SUMPENO SE, M.Si dalam lomba innovator kali ini Kabupaten Musi Banyuasin akan mengikut sertakan Inovator kreatif yang berasal dari kategori perlombaan masyarakat umum sebanyak 6 innovator kreatif akan berjuang memperebutkan piala dari Gubernur Sumatera Selatan.

Sumpeno selaku kasubbid inovasi dan teknologi secara langsung menyerahkan berkas para peserta lomba inovasi ke Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Selatan, (Selasa/13 Juli 2020).

Adapun enam inovasi yang akan di kirim dari Musi Banyuasin adalah SIRUP LEJASE (Lemon, Jahe dan Serai), Pembuatan Minyak VCO (Virgin Coconut Oil) oleh Pondok Herbal KWT Kenanga Desa Gajah Mati Kecamatan Babat Supat, Pembuatan Asap Cair sebagai pembeku lateks yang ekonomis dan ramah lingkungan oleh Ahmad Fajari Desa Nusa Serasan Kec. Sungai Lilin, Pengelolaan Sampah Organik Dengan Metode Budidaya Larva Lalat Black Soldier Fly menjadi Pakan ternak Tinggi Protein oleh Yandri Sukriawan dari Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu, Pembuatan Nasi Jagung oleh KWT Pertiwi SARI Desa Rimba Ukur Kecamatan Sekayu, Pembuatan SEJE Manis (Serai Jeruk Lemon Kayu Manis Gula Merah) oleh Warung Bunda Restu Desa Jirak Kecamatan Jirak Jaya.

Menurut Sumpeno, tujuan Lomba pemilihan innovator ini adalah untuk memberikan apresiasi bagi pelaku dan pencipta teknologi / produk inovatif dan menambah pengetahuan serta wawasan bagi para innovator maupun produksi di berbagai sector usaha kecil dan menengah.

Dengan adanya lomba innovator ini diharapkan kedepan akan merangsang perkembangan teknologi tepat guna di wilayah kabupaten Musi Banyuasin. Selain itu, untuk menumbuhkan budaya entrepreneur atau wirausaha di masyarakat khususnya masyarakat di Pedesaan.

Kita berharap bersama agar kabupaten musi banyuasin bisa meraih juara pada lomba innovator tingkat provinsi sumatera selatan ini, sehingga dapat membawa nama Musi Banyuasin ke Perlombaan Tingkat Nasional maupun Internasional, Pungkas Sumpeno.