BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Jargas Terpasang, Rakyat Tenang


Ruang Rapat Randik, MUBA – Ditengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) segala upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin berserta Jajaran Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak virus Covid-19. Salah satu yg digagaskan pemasangan Jaringan Gas Alam akan segera dikerjakaan. Menurut Kepala Bappeda Ir. Zulfakar insha Allah Pemasangan Jaringan Gas Alam akan mulai dikerjakan pada Pertegahan Bulan Juli 2020 dengan kuota  di Kecamatan Sekayu sebesar 4.200 titik, Kecamatan Sungai Lilin sebesar 3180 titik dan kecamatan Bayung Lencir 1000 titik. Selanjutnya terkait dengan hal tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Selaku Pimpinan Rapat mengintruksikan kepada Perusahaan yang melakukan Pemasangan Gas Alam harus memastikan para pekerja mengikuti Protokol Kesehatan yang berlaku dan sebelum pekerjaan dimulai Semua Pekerja yang akan menggali dan memasangan jarigan gas Harus dipastikan mereka tidak terjangkit virus COVID-19 dengan cara setiap Pekerja harus mengikuti Rapid Test dan Swab Test sehingga tidak ada menimbulkan kecemasan bagi warga yang rumahnya dilakukan pemasangan gas. selanjutnya terkait tempat tinggal untuk para penggali harus jauh dari permukiman warga.

Menurut Dr. Azmi (Kepala DInas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuain), Muba sekarang ini masih masa transisi dari new normal dengan artian tetap menjalankan protocol kesehatan bukan berarti kita bebas seperti biasanya akan tetapi kita harus membiasakan dengan keadaan dimana kita melakukan perkerjaan tapi tetap tidak melupakan protocol kesehatan, dengan memakai maseker, cuci tangan dan tidak berjabat tangan. Sesuai protocol yang ada pekerja wajib terutama menggunakan masker dan bila ada pertukaran pekerja harus ada laporan supaya bila ada masalah kamu bisa tau. Kami akan memberikan teguran kepada Pekerja yang tidak mengikuti Prokotol kesehatan yang ada walaupun kita sekaran menuju masa transisi new normal.

Menurut Dr. makson (Direktur Rumah Sakit Umum Sekayu), Kami dari Pihak Rumah Sakit menyiapkan fasilitas untuk tes covid-19 dari test Rapit Test Antbody, rapit test antigent DNA dan Swap adapun untuk hasil nya akan di dapat paling lama 1 hari bahkan bisa lebih cepat dan akan hasil langsung ketauan dengan hasilnya negative/positif. Terkait tingkat akurasi rapit tessebesar 30 % sedangkan swap perkiraan 95% jadi sebagai saran agar pekerja menggunakan hasil swap test karena hasil yang di dapat lebih akurat dibandingan dengan hasil rapit test