BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Rapat Pembahasan Progress Penyusunan Ranwal RPJMD Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2017 - 2022


Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin, Melaksanakan Rapat Pembahasan Progres Penyusunan Ranwal Review RPJMD Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2017 – 2022, Selasa tanggal 23 Juni 2020.

Rapat dipimpin Oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin, Ir. Zulfakar, SE, M.Si dan diikuti Oleh Sekretaris Bappeda, para Kabid/Kasubbid/ Kasubbag di lingkungan Bappeda Kab. Muba.

Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Raperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

 

Kepala Bappeda Kab. Muba mengatakan Review RPJMD ini dilatarbelakangi adanya perubahan Permendagri 86 Tahun 2017 ke Permendagri 90 Tahun 2019, juga adanya Perubahan beberapa Capaian indikator Program Perangkat Daerah yang disesuaikan dengan Capaian Target dan Realisasi terkait Revisi Renstra dan IKU Kabupaten Muba. Disamping itu juga dikarenakan adanya isu-isu strategis terkini juga karena kondisi pendemi Covid-19 saat ini.

Mengingat masa kepemimpinan Bupati Musi Banyuasin masih tersisa 2 tahun lagi, maka dirasa perlu untuk meriview ulang capaian-capaian target indikator program yang akan dicapai. Untuk itu Tim Review RPJMD agar melakukan koordinasi dengan Perangkat Daerah terkait penekanan target indikator, mengingat adanya perubahan indikator yang semula  32 indikator menjadi 17 indikator, agar dicermati target realisasinya apakah kemungkinan tercapai apa tidak, untuk itu perlu dirasionalisasikan. Kegiatan Review RPJMD ini merupakan kerja Tim Bappeda untuk itu agar tim saling berkoordinasi.

Selanjutnya paparan dari Kabid. Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kab. Muba Ir. Tri Yulisman, MM. Terkait hal ini Kabid. Litbang mengatakan bahwa diharapkan pada awal bulan Juli 2020 nanti Penyusunan Ranwal Review RPJMD ini akan diajukan ke DPRD Kab. Muba.