BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Monitoring Pemantauan Pendistribusian Bantuan Covid-19


Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Musi Banyuasin melakukan Monitoring Pemantauan pendistribusian sembako dalam rangka upaya penanggulangan Corona Virus Disease (COVID – 19) Kabupaten Musi Banyuasin ke Kecamatan Sungai Keruh, pada hari kamis-jum’at 18-19  Mei 2020.

Pemantauan pendistribusian sembako dalam rangka upaya penanggulangan Corona Virus Disease (COVID – 19) Kabupaten Musi Banyuasin ke Kecamatan Sungai Keruh diterima oleh Bpk. Andi Suharto, S.STP M.Si Sekretaris Camat kecamatan Sungai Keruh.

Camat Sungai Keruh yang diwakili oleh sekretaris Camat Sungai Keruh Andi Suharto, S.STP, M.Si menaggapi secara langsung bahwa desa-desa telah diberikan arahan oleh pemerintah kecamatan sungai keruh agar dapat menyeleksi data masyarakat miskin sesuai prosedur dan aturan yang berlaku agar tidak menimbulkan gejolak dimasyarakat. Harus dilakukan perangkingan tingkat kemiskinan masyarakat tersebut.

Kepala Desa Keramat Jaya yang diwakili oleh Sekretaris Desa Andi Sutra menerima Tim dari Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin. Sekretaris Desa juga menyampaikan beberapa kendala yang sering ditemui dilapangan salah satunya ada warga yang rumahnya tidak layak tetapi rumah tersebut adalah rumah tempatnya bekerja di kebun atau rumah singgah saja dan mereka juga bukan warga desa keramat jaya.

Kemudian Kepala Desa Sukalali yang diwakili oleh Sekretaris Desa Mastoni menyatakan bahwa pemilihan data penerima bantuan covid 19 ini telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Yaitu melalui kriteria-kriteria yang telah disosialisasikan, kemudian dilanjutkan dengan musyawarah pemerintah desa untuk memeriksa kembali kebenaran dan peringkat data yang telah diterima, sehingga kemudian hari tidak akan ada lagi gelombang protes yang bermunculan karna kesenjangan data penerima bantuan. Seperti Si A lebih kaya dari saya kenapa dia dapat bantuan, si B lebih miskin dari si C kenapa si B tidak dapat bantuan kemudian seterusnya begitu.

Tim Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin yang diwakili oleh Jumono, SH menyampaikan terima kasih atas komunikasi yang baik antara pemerintah desa maupun kecamatan serta berharap bantuan Covid-19 ini tepat sasaran dan sesuai prosedur / aturan yang berlaku.

Menurut Jumono saat diwawancarai oleh tim media, bahwa pemantauan distribusi bantuan covid-19 dilakukan agar dapat memastikan prosedur yang dilakukan di desa-desa apakah sesuai dengan aturan yang berlaku ataukah tidak. Karena hal ini akan berefek langsung kepada perangkat desa itu sendiri hingga pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin jikalau ada kesenjangan terjadi. Kami bersyukur bahwa khususnya desa Keramat Jaya dan Desa Sukalali telah menjalankan prosedur yang sesuai dengan aturan yang berlaku, berharap kedepan agar bantuan Covid-19 ini dapat tersalurkan tepat sasaran, pungkas Jumono.