BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Antisipasi Virus Korona dalam Penyelenggaraan Forum PD di Kab. Muba


Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) akan melaksanakan kegiatan rapat yang menghadirkan orang banyak yaitu dalam kegiatan rapat Pra Musrenbang / Forum Perangkat Daerah di Lingkungan Kantor Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin yang dimulai pada tanggal 18 Maret 2020.

Sementara itu, mengingat akan COVID 19 telah ditetapkan WHO sebagai Pandemi Global serta penetapan pemerintah sebagai bencana nasional dan arahan Presiden Joko Widodo maka seluruh kegiatan tatap muka yang menghadirkan banyak orang untuk ditunda ataupun dibatalkan. Apabila harus tetap dilaksanakan rapat tatap muka karena urgensi yang sangat tinggi, maka perlu memperhatikan jarak aman antar peserta rapat dan melaporkan ke dinas kesehatan untuk menerapkan protocol pencegahan COVID 19.

Pada hari ini telah dilaksanakan Pencegahan dan Antisipasi Virus Corona di Lingkungan Kantor Bappeda Kab. Muba. Yaitu sebelum pelaksanaan Rapat Pra Musrenbang Di Bappeda Kab. Muba seluruh ASN dan peserta rapat dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, pemberian hand sanitizer dan masker. Kemudian dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan ke setiap ruangan di kantor Bappeda Kab. Muba oleh team Dinas Kesehatan Kab.Muba serta penyuluhan tentang pencegahan penularan virus corona kepada perwakilan ASN di lingkungan Bappeda Kab. Muba.

Menurut Ir. Zulfakar, M.Si bahwa rapat pra musrenbang ini sangat penting dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Untuk itu mau tidak mau kegiatan yang menghadirkan banyak orang tetap dilaksanakan di Bappeda Kab. Muba. Jika tidak dilaksanakan, maka jelas bahwa kita tidak mengikuti alur proses penganggaran yang sesuai dengan aturan yang berlaku dan hal tersebut dapat berakibat kepada target yang telah ditetapkan tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk itu seluruh ASN Bappeda Kab. Muba beserta seluruh peserta rapat pra musrenbang harus mengikuti protocol pencegahan penyebaran virus corona dari Dinas Kesehatan dengan mengikuti pemeriksaan suhu tubuh, memakai masker dan mencuci tangan dengan hand sanitizer, Ujarnya.

Walaupun virus corona sedikit memberikan dampak terhadap kelancaran kinerja pemerintah,  rapat pra musrenbang ataupun forum perangkat daerah harus tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya agar penyusunan anggaran tepat pada waktunya, jelas Kepala Bappeda