BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Survey Kelayakan Desa untuk Jaringan Gas Rumah Tangga Kecamatan Sungai Lilin


Sungai Lilin, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan Survey Kelayakan Desa untuk pemasangan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Kecamatan Sungai Lilin pada hari Kamis-Jum’at 12-13 Maret 2020.

Survey dilaksanakan oleh tim Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin ke Kecamatan Sungai lilin untuk melihat kelayakan desa yang belum dipasang jaringan gas rumah tangga terutama desa yang berada dalam wilayah sumber gas baik dari PGN maupun perusahaan lain yang di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).  

Kecamatan Sungai Lilin merupakan salah satu kecamatan yang memiliki sumber gas dan akan dilaksanakan pemasangan jaringan gas untuk rumah tangga di kecamatan ini pada tahun 2020 dengan kuota ± 2.500 rumah tangga teruntuk di kelurahan sungai lilin dan sungai lilin jaya dan beberapa desa lainnya. Pada tahun 2021 kuota jaringan gas rumah tangga akan di tambah lagi di desa lainnya.

Terkhusus desa yang terdapat terminal pipa gas atau MRS adalah desa Nusa Serasan (B6) yang memiliki jarak sekitar ± 6 km dari sumber gas. Selain itu juga ada desa Linggo sari dan Desa Mulyo Rejo yang memang berdampingan dengan desa yang memiliki sumber gas.

Ketiga desa tersebut sangat memungkinkan untuk di pasang jaringan gas untuk rumah tangga, selain dekat dengan sumber gas desa tersebut memang berdampingan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga sangat memudahkan pemasangan jaringan gas untuk rumah tangga.

Camat Sungai Lilin melalui Kasi Kessos Rosdiah S.Sos, M.Si mengharapkan pemasangan jaringan gas untuk rumah tangga di kecamatan Sungai Lilin dapat direalisasikan pada tahun 2021, karena hal ini sangat membantu kegiatan rumah tangga masyarakat kecamatan Sungai Lilin.

Kepala Desa Linggosari Bapak Siswadi mengharapkan benar untuk dipasang jaringan gas rumah tangga di desa Linggosari pada tahun mendatang, karena hal tersebut sangat memudahkan masyarakat untuk memasak keperluan sehari hari. Masyarakat tidak harus pusing mencari tabung-tabung gas ketika gas habis di waktu malam hari.

Sekretaris Desa Mulyo Rejo Bapak Sunarto menanggapi dengan serius rencana akan dipasangnya jaringan gas untuk rumah tangga di Desa Mulyo Rejo. Pemerintah Desa Mulyo Rejo akan bertindak cepat jikalau ada permintaan data guna administrasi jaringan gas untuk rumah tangga nantinya.

Begitu pula tanggapan dari Kepala Desa Nusa Serasan yaitu Rudi Hartono, sangat antusias jika akan dipasang jaringan gas di desa Nusa Serasan. Desa Nusa Serasan  adalah desa terdekat dengan sumber gas karena sumber gas masih termasuk dalam wilayah desa.

Kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin melalui tim survey memaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin selalu melakukan koordinasi dan pengawalan secara maksimal dengan Kementerian ESDM agar usulan-usulan pemasangan jaringan gas untuk rumah tangga dapat terealisasi secara maksimal di 2021. Harapan Pemerintah dapat terpasang minimal 10.000 jaringan gas untuk rumah tangga di tahun mendatang.