BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Survey Kelayakan Desa untuk Jaringan Gas Rumah Tangga Kecamatan Tungkal Jaya


Tungkal Jaya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan Survey Kelayakan Desa untuk pemasangan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Kecamatan Tungkal Jaya pada hari Selasa-Rabu 10-11 Maret 2020.

Survey dilaksanakan oleh tim Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin yang merupakan fasilitator di Kabupaten Musi Banyuasin dari Pemasangan Jaringan Gas untuk Rumah Tangga oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).  

Kecamatan Tungkal Jaya merupakan salah satu kecamatan yang memiliki sumber gas yang tidak sedikit, begitu pula sejalan dengan banyaknya berdiri perusahaan-perusahaan minyak dan gas di wilayah kecamatan ini. Kecamatan yang beribu kota di desa peninggalan ini sangat potensial sekali untuk dibangun jaringan gas untuk rumah tangga, mengingat ada beberapa desa yang memang dekat dengan sumber gas baik dari Perusahaan Gas Negara (PGN) maupun perusahaan lainnya.

Terkhusus desa yang terdapat terminal pipa gas atau MRS adalah desa yang diutamakan dalam pemasangan jaringan gas untuk rumah tangga. Di kecamatan Tungkal jaya terdapat 5 (Lima) desa yang tergolong sangat dekat dengan sumber gas antara lain adalah desa Beji Mulyo (B1), desa Bero Jaya Timur (B2), desa margo mulyo (B3), desa pandan sari (B4) dan desa Simpang Tungkal.

Kelima desa tersebut sangat memungkinkan untuk di pasang jaringan gas untuk rumah tangga, selain dekat dengan sumber gas desa tersebut memang berdampingan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga sangat memudahkan pemasangan jaringan gas untuk rumah tangga.

Yugo Falintino Camat Tungkal Jaya melalui Kasi Trantib Lisnawati mengharapkan pemasangan jaringan gas untuk rumah tangga di kecamatan Tungkal Jaya dapat di realisasikan pada tahun 2021, karena hal ini sangat membantu kegiatan rumah tangga kecamatan Tungkal Jaya.

Surono Kepala Desa Beji Mulyo saat ditemui tim di Kantor desa Beji Mulyo mengharapkan seluruh warga desanya terpasang jaringan gas. Karena dalam desa Beji Mulyo dilintasi oleh pipa gas dari PGN dan juga jarak antara sumber gas dengan desa hanya berkisar ± 5 km.

Begitu juga harapan Kepala Desa Pandan Sari Bapak Heriyanto dan Kepala Desa Margo Mulyo Bapak Ahmad Agus Salim, S.Kom agar pemasangan dapat terwujud di tahun 2021. Mereka menyatakan siap sedia jika diminta data-data warga dan administrasi yang diperlukan untuk mengisi formulir pemasangan Jaringan Gas untuk Rumah Tangga.

Kepala Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin melalui tim survey memaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin selalu melakukan koordinasi dan pengawalan secara maksimal dengan Kementerian ESDM agar usulan-usulan pemasangan jaringan gas untuk rumah tangga dapat terealisasi secara maksimal di 2021. Harapan Pemerintah dapat terpasang minimal 10.000 jaringan gas untuk rumah tangga di tahun mendatang.