BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Pelaksanaan Kegiatan Musrenbang tahun 2021 Kecamatan Sekayu Tema : Percepatan Pengurangan Kemiskinan Melalui Hilirisasi Industri dan Inovasi


Musrenbang Kec. Sekayu dihadiri oleh unsur Bappeda Kab. Muba, Camat/Lurah Kec. Sekayu beserta perangkat kecamatan, Danramil Sekayu, Dinas PUPR Kab. Muba, Dinas Pendidikan, Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, Penyuluh Pertanian, Kades/Sekdes/BPD dalam wilayah Kec. Sekayu, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kec. Sekayu. Arahan dari Kepala Bappeda Kab. Muba dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Bappeda Kab. Muba Ibu Hj. Nurzahrawati, S.Pd. M.T Menyampaikan bahwa tahapan penting penyusunan RKPD Kab. Muba Tahun 2021 diawali dengan Musrenbang Desa/Kelurahan dengan menetapkan prioritas usulan program/kegiatan kecamatan.

Adapun tujuan diselenggarakan forum Musrenbang Kec. Sekayu Tahun 2020 adalah untuk Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa. Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten/kota. Guna mendorog capaian target di Tahun 2020 ditetapkan tema yang dijabarkan dalam subtema pembangunan Kab. Muba Tahun 2020 yaitu “Percepatan Percepatan Pengurangan Kemisikinan melalui Hilirisasi Industri dan Inovasi.

Sedangkan isu-isu strategis yang dapat menjadi permasalahan dan peluang dalam pembangunan Kab. Musi Banyuasin sebagai berikut : 1. Percepatan penurunan angka kemiskinan 2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia 3. Penguatan konektivitas dan infrastruktur dasar 4. Optimalisasi Birokrasi Dengan adanya forum Musrenbang kecamatan dapat menampung masalah-masalah pembangunan secara bersama, sehingga akan tercipta integritas perencanaan pembangunan, khususnya menurunkan angka kemisikinan di Kec. Sekayu.Diharapkan dengan adanya forum Musrenbang kecamatan dapat menampung masalah-masalah pembangunan secara bersama, sehingga akan tercipta integritas perencanaan pembangunan, khususnya menurunkan angka kemisikinan di Kec. Sekayu.

Dan di lanjutkan oleh Sambutan Camat Sekayu Bapak Marko Susanto, S.STP, M.Si Musrenbang salah satu gerbang pembangunan perencanaan, diharapkan agar pada saat pengusulan program/kegiatan agar pembangunan minimal setiap desa ada satu usulan pembangunan untuk diakomodir. Dalam Kecamatan Sekayu terdapat 10 Desa 4 Kelurahan yang mempunyai usulan program/kegiatan prioritas. Harapan agar tahun 2021, untuk usulan program/kegiatan bisa maksimal, sehingga masyarakat dapat menikmati pembangunan di Kec. Sekayu. Kesimpulan dan Saran : 1. Untuk usulan program/kegiatan Musrenbangcam Tahun 2021 agar dibuat berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan atas keinginan. 2. Agar setiap mengajukan usulan program/kegiatan sudah harus diarahkan berdasarkan sumber pendanaan melalui APBD Kab. Muba, APBD Provinsi, APBN, CSR dan Dana Desa. 3. Usulan progaram/kegiatan desa/kecamatan agar melampirkan data pendukung berupa poto, sertifikat ataupun data pendukung lainnya. 4. Setiap desa hanya dibolehkan mengusulkan programkegiatan prioritas sebanyak 3 (tiga) kegiatan.