BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Jalan dan jembatan menjadi Prioritas di Kecamatan Lalan


Lalan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbang) tahun anggaran 2021 di Aula Kantor Kecamatan Lalan pada hari kamis, tanggal 20 Februari 2020 tepat pukul 10.00 WIB.

Musyawarah perencanaan pembangunan di kecamatan Lalan, dihadiri oleh Anggota DPR Kabupaten Musi Banyuasin Iwan Aldes, H. Ismail, Bappeda Kab. Muba, Camat Lalan, Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, seluruh kades dan perangkat desa se-kecamatan Lalan, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Bupati Musi Banyuasin sangat serius dalam pembangunan konektivitas di kecamatan Lalan terutama dalam kelistrikan. Terbukti bahwa telah disambungkannya pasokan listrik 24 jam di Kecamatan Lalan. Selanjutnya penguatan konektivitas dan infrastruktur dasar akan menjadi prioritas Prioritas Pembangunan di Tahun 2021 mendatang.

Dalam paparannya, Camat Kecamatan Lalan Oktariza menerangkan bahwa kecamatan lalan sangat membutuhkan infrastruktur jalan, baik jalan kabupaten, jalan poros desa/jalan sentral maupun jalan penghubung antar desa. Selain itu, juga dibutuhkan jembatan komposit maupun jembatan primer serta pembangunan pintu air guna meningkatkan produktifitas komoditas pertanian di kecamatan Lalan.  

Anggota DPRD H. Ismail menyebutkan bahwa pembangunan merupakan hasil kerjasama yang baik antara pihak eksekutif dan legislatif dalam merencanakan pembangunan. Untuk itu masyarakat diharapkan dapat mengikuti kegiatan tersebut karena kebutuhan-kebutuhan masyarakat dapat dijadikan database dalam perencanaan pembangunan serta dalam menentukan skala prioritasnya, paparnya.

Iwan Aldes mengungkapkan bahwa hal yang sangat dibutuhkan dalam kecamatan Lalan adalah pembangunan infrastruktur jalan dan akan diusahakan di tahun 2021 agar setiap desa di kecamatan Lalan mendapat pembangunan jalan desa dan antar desa melalui dana APBD, jelasnya.

Selanjutnya dalam pelayanan kelistrikan di kecamatan Lalan, pada tahun 2021 akan digantikan meteran listrik dengan Token agar masyarakat mendapatkan pelayanan kelistrikan secara akurat dan  maksimal.

Kepala Bappeda melalui Kabid Penelitian dan Pengembangan yang dipaparkan oleh Kasubbid Inovasi dan Teknologi menjelaskaan bahwa  tujuan dilaksanakannya Musrenbang di Kecamatan Lalan ini adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi prioritas pembangunan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan eilayah kecamatan lalan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan eilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kabupaten kota. Guna mendorong pembangunan kabupaten Musi Banyuasin 2020 yaitu “Percepatan Pengurangan Kemiskinan melalui Hilirisasi Industri dan Inovasi”, papar Sumpeno.

Dalam sesi tanya jawab, ada beberapa perwakilan baik desa maupun korwil UPTD dalam memberikan usulan dan paparan terhadap kondisi lapangan di wilayah masing-masing. Salah satunya usulan dari Kades yaitu untuk pembangunan jalan utama di desa purwo agung oleh kepala desa purwo agung, ada juga yang mengusulkan pintu air guna kemudahan pengairan sawah masyarakat.