BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Pelaksanaan Kegiatan Musrenbang tahun 2021 Kecamatan Babat Toman Tema : Percepatan Pengurangan Kemiskinan Melalui Hilirisasi Industri dan Inovasi


Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) RKPD Kecamatan Babat Toman Tahun 2020 di Kab.Muba diselenggarakan pada tanggal 19 Februari 2020 bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Babat Toman Tema Pelaksanaan Musrenbang Tahun 2020 adalah Percepatan Pengurangan Kemisikinan Malalui Hilirisasi Industri dan Inovasi.

Musrenbang Kecamatan Babat Toman dihadiri oleh Camat Babat Toman beserta perangkatnya, Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin, Anggota DPRD Dapil II, Para Kades/Sekdes/BPD dilingkungan Kec.Babat Toman, Perwakilan Polsek Babat Toman, Dinas Perikanan Kab.Muba, Dinas Kesehatan Kab.Muba, Dinas Pendidikan Kab.Muba, Dinas Perkim, Perwakilan Sekolah-sekolah, Perwakilan Tenaga Kesehatan PKM, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kecamatan Babat Toman. Musrenbang Kecamatan diawali dengan sambutan dan arahan dari Camat Babat Toman Muhammad Aswin, S.STP.,M.M yang menyambut baik pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Babat Toman. Camat menyebutkan bahwa Musrenbang Kecamatan adalah lanjutan dari Musrenbang Desa yang telah dilaksanakan pada bulan Januari 2020 kemarin, dan menjadi salah satu wadah atau tempat untuk menyerap aspirasi usulan kegiatan prioritas Desa/Kelurahan, diharapkan agar usul kegiatan tidak tumpang tindih.

Sambutan Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin oleh ibu Hj.Nurzahrawati, S.Pd., M.T bahwa Musrenbang Kecamatan adalah suatu momentum yang tepat untuk Desa/Kelurahan menyampaikan usulan kegiatan pembangunan sesuai yang diamanatkan Undang-undang No.25 tahun 2004. Disebutkan juga bahwa tahun 2021 Arah Kebijakan difokuskan untuk mengentaskan Kemiskinan, untuk itu diharapkan agar semua usulan pembangunan mengacu pada tema tersebut dan usulan kegiatan pembangunan agar berdasarkan kebutuhan dan bukan keinginan.

Untuk Kecamatan Babat Toman, agar dapat ditingkatkan potensi hasil Unggulan daerah yaitu perkebunan Gambir, disamping hasil pertanian lainnya seperti perkebunan karet, sawit, padi, jagung dan segala potensi yang ada agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Babat Toman, sehingga dengan semua kegiatan ini diharapkan dapat menekan angka kemiskinan di Kecamatan babat Toman.

Wakil Anggota DRPD Dapil II Bpk. M. Amin dalam sambutannya mengatakan bahwa usulan kegiatan prioritas Kecamatan Babat Toman antara lain peningkatan jalan di MangunJaya, jalan menuju ke Kecamatan Batanghari Leko, Rehab Gedung Olah Raga, Permasalahan Listrik, Pembangunan/Rehab Pustu-Pustu dan sekolah-sekaloh yang ada di Kec.babat Toman dan lain-lain yang merupakan usul prioritas kecamatan akan dikawal dan berjanji untuk diperjuangkan. Camat selaku pemimpin rapat menyatakan bahwa penentuan prioritas usulan berdasarkan Prioritas Daerah, Pelayanan Dasar dan Nilai tambah Enokomi.

Hasil kesepakatan usulan program tahun 2021 ini dituangkan dalam Berita Acara Hasil Musrenbang dan kemudian diinput ke dalam Simren. Usulan-usulan yang belum terakomodir di APBD diharapkan dapat dialokasikan dengan menggunakan Dana CSR dan Dana ADD (Alokasi Dana Desa).