BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Musrenbang TA 2021 Kecamatan Sungai Lilin


Sungai Lilin, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbang)tahun anggaran 2021 di Aula Kantor Kecamatan Sungai Lilin pada hari kamis, tanggal 13 Februari 2020 tepat pukul 09.30 WIB.

Kegiatan musrenbang ini adalah kegiatan rutin setiap tahunnya untuk menyerap usulan-usulan prioritas dari desa-desa di kecamatan sungai lilin, maupun sektor lainnya seperti puskesmas, pdam, uptd pasar dan lain-lain. Pada tahun 2021 tema musrenbang adalah percepatan pengurangan angka kemiskinan melalui hilirisasi Industri dan inovasi.

Acara tersebut dibuka oleh Ibu Camat Sungai Lilin serta dihadiri oleh Kepala Bappeda yang diwakili oleh Bpk. Agus Arisman, Kepala Kesbangpol Bpk. Soleh Naim, Kepala Dinas Dukcapil Ibu Asmarani, Kepala Dinas Sosial diwakili Bpk. Mat Darul, Kepala Dinas Perkebunan diwakili Bpk. Suhaimi, Bpk Koramil, Perwakilan Pimpinan Perusahaan-perusahaan Sungai Lilin, Korwil UPTD, Kepala Desa se-kecamatan Sungai Lilin.

Ibu camat Sungai Lilin menyampaikan bahwa di kecamatan Sungai Lilin telah dilaksanakan bedah rumah yang dilaksanakan oleh swadaya masyarakat untuk rumah yang tidak layak huni. Artinya Kecamatan Sungai Lilin dapat melaksanakan kegiatan sebagai dukungan terhadap pengentasan kemisikinan yang tidak tercover oleh anggaran pemerintah daerah melalui swadaya masyarakat, bantuan perusahaan dan lain sebagainya.

Pada sambutannya, Bapak Agus Arisman menyampaikan bahwa pemerintah sudah menggeser paradigma dalam kebijakan pembangunan yaitu dengan tidak hanya memberikan arah kebijakan pembangunan dari atas tetapi juga mencoba menggali paradigma pembangunan dari bawah sebagai wujud aspirasi masyarakat sehingga dapat diketahui secara objektif apa yang menjadi kebutuhan masyarakat tingkat desa dengan urgensinya masing-masing.

Menurut Kepala Kesbangpol bahwa dalam mengentaskan kemiskinan perlu juga swadaya dan partisipasi dari masyarakat untuk mendukung 3 dimensi pembangunan yaitu fisik, mental spiritual dan pertahanan keamanan.

Kemudian dalam musrenbang ini, perlu diketahui bahwa tujuannya adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa dan kelurahan yang menjadi prioritas pembangunan yang berada di wilayah kecamatan sungai lilin ; Membahas, menyepakati kegiatan pembangunan di wilayah kecamatan sungai lilin yang belum tercakup dalam prioritas pembangunan desa ; Menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan daerah yang merupakan tugas pokok dan fungsi perangkat daerah kabupaten, ungkap Agus Arisman.

Selanjutnya, acara musrenbang dilanjutkan dengan paparan terhadap arah kebijakan pembangunan kabupaten Musi Banyuasin oleh Bpk. Agus Arisman yang pada intinya beliau menyampaikan bahwa segala bentuk kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2021 adalah semata-mata untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Musi Banyuasin ini guna mencapai tujuan Muba Maju Berjaya 2022.

Musrenbang kecamatan ditutup setelah tanya jawab dan usulan dari para kades dan korwil UPTD se kecamatan Sungai Lilin. Salah satu korwil UPTD puskesmas sungai Lilin menyampaikan usulan untuk dibuatkan sumur bor agar air terus mengalir jika musim kemarau tiba sehingga dapat memaksimalkan pelayanan terhadap pasien puskesmas, kemudian juga diusulkan untuk jalan alternatif menuju puskesmas agar dapat mempermudah akses pasien yang mau berobat di puskesmas. Usulan tersebut langsung ditanggapi oleh pihak Bappeda dan akan dikoordinasikan dengan dinas terkait.