BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Rapat koodinasi daerah kelitbangan se-Sumatera Selatan


Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan mengikuti kegiatan rapat koodinasi daerah kelitbangan se-Sumatera Selatan dengan tema “Penguatan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Dalam Upaya Mewujudkan Kemandirian dan Dan Daya Saing Daerah”, bertempat di Aula Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, palembang, Kamis 22 Maret 2018.

Rakorda dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan diwakili  Asisten II Setda  Bapak Yohanes H. Toruan dan dihadiri oleh seluruh Badan Litbang Kabupaten/Kota Sumatera Selatan SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Prov. Sumsel,  Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta Lembaga Peneliti  serta dihadirkan para narasumber  berasal dari  Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri M. Noval, Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor (LIPI), Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Balitbang Prov. Sumsel,  Ketua DRD Sumatera Selatan dan dari Science Tecno Park Sumatera Selatan.

Kegiatan tersebut terdiri dari pemaparan materi, diskusi dan penyampaian hasil rumusan. Pemaparan materi pertama dari BPP Kementerian Dalam Negeri oleh M. Nouval  dengan tema “Optimalisasi Peran Strategis  Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah”. kemudian dari LIPI (Kebun Raya Bogor) oleh Ibu  Dwi  Murti Puspita dengan judul “Pembangunan dan Pengembangan Kebun Raya di Indonesia”. Selanjutnya dari  Bappeda Sumatera Selatan oleh Bpk Hasanuddin (Bidang Sosbud Bappeda) dengan judul “ Arah Kebijakan dan Program Prioritas Tahun 2019. Kemudian pemaparan dari  Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan Ibu Ir. Lukitariati, M. Si dengan judul “Rencana Program/kegiatan Balitbangda  Tahun 2019”. Selanjutnya dipaparkan oleh Ketua DRD Sumatera Selatan  Bpk. Prof. Fachrurrozie Sjarkowi dengan Tema  “Optimalisasi Sumberdaya Daerah dalam Meningkatkan Daya Saing”. Terakhir disampaikan oleh Science Teckno Park Sumatera Selatan  Ibu Ir. Epina Cornely, MT dengan Tema “ Pemanfaatan dan kejasama  dengan STP Sumatera Selatan”.

Ketua DRD Sumatera Selatan mengharapkan agar setiap kabupaten/kota yang berada di kawasan sumatera selatan memiliki 1 PAKIS (Produk Andalan Kerakyatan Inovatif Spesifik). Sehingga dengan memiliki PAKIS tersebut, akan dapat menambah pendapatan asli daerah yaitu dengan cara membuat inovasi produk kerakyatan yang dimanajemen sehingga menjadi produk daerah tersebut, dan hal tersebut perlu dukungan penuh dari stake holder setempat agar dapat memfasilitasi produk unggulan daerah tersebut menjadi produk yang berdaya saing di level nasional maupun internasional, paparnya. RED-AL