BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Kerjasama Daerah Perbatasan dengan Bupati Musi Rawas dan Koordinasi Penjajakan Kerjasama Daerah Perbatasan dengan Pemkab. Muratara.


Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin berserta perangkat daerah Musi Banyuasin melaksanakan Audiensi Kerjasama Daerah Perbatasan dengan Bupati Musi Rawas dan Koordinasi Penjajakan Kerjasama Daerah Perbatasan dengan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam hal ini dipimpin oleh Kepala Bappeda Kab. Muba Ir. Zulfakar, M.Si

Dalam penjajakan kerjasama dengan Kabupaten Musi Rawas Utara ini Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin disambut oleh Alwi Roham, Selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Rawas Utara. Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara menyambut baik tujuan Kerjasama Pembangunan Daerah Perbatasan yang dimaksudkan untuk mengurangi konfik antar penduduk di daerah perbatasan, dengan kerjasama ini pula diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga terciptanya kesejahteraan masyarakat terutama di daerah perbatasan.

Kemudian di hari selanjutnya pada tanggal 1 Agustus 2019 Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan audiensi dengan Pemkab. Musi Rawas dan disambut oleh Asisten II Musi Rawas. Dalam sambutannya beliau menyampaikan menyambut baik rencana kerjasama ini dan akan segera berkoordinasi dengan Kabag. Hukum untuk membahas Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama Daerah Perbatasan, sehingga kegiatan ini dapat segera dilaksanakan.

Ada beberapa hal yang akan dikerjasamakan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan Pemkab Musi Rawas & Pemkab Musi Rawas Utara. Antara lain yaitu : bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang tapal batas, bidang pariwisata dan kebudayaan bidang perhubungan, bidang infrastruktur, bidang kependudukan, bidang bencana alam dan kebakaran hutan/lahan serta bidang pertanian & perkebunan.

Dari pertemuan tersebut, masing-masing pemerintah daerah akan segera dilakukan koordinasi dengan dinas-dinas untuk membahas rencana kegiatan-kegiatan yang akan dapat dilakukan kerjasama antar kabupaten, kemudian membuat draft Nota Kesepahman antara Kabupaten Musi Banyuasin dan Musi Rawas dan Musi Rawas Utara yang akan di bahas bersama-sama dengan Kabag. Hukum masing-masing Kabupaten serta Bagian Hukum Provinsi Sumatera Selatan serta penjadwalan Penandatangan MoU dengan Kedua Kabupaten yang akan segera dilaksanakan di Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin.