BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Workshop Integrasi e-planning dan e-budgeting


Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan Rapat Workshop SIMDA dan Harmonisasi Perencanaan Penganggaran melalui Integrasi E-Planning dan E-Budgeting. Bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kab.Muba hari selasa-kamis, tanggal 23 – 25 Juli 2019.

Acara workshop SIMDA dan Perencanaan dibuka oleh Kepala Bappeda yang diwakili oleh Kepala bidang PPEP Eko Oktavian, M.Si dan dihadiri oleh pemateri dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, serta peserta dari seluruh OPD Kabupaten Musi Banyuasin.

Kepala bidang PPEP menyampaikan arahan bahwa workshop dilaksanakan sebagai langkah awal dalam upaya integrasi e-planning dan e-budgeting, sehingga tidak ada lagi aplikasi yang terpisah antara perencanaan dan penganggaran sekaligus untu laporan kinerja instansi. SIMDA perencanaan dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2020 untuk perencanaan pembangunan daerah tahun anggaran 2021 dan selanjutnya.

Berdasarkan rekomendasi dari KPK bahwa perencanaan daerah diarahkan agar terintegrasi antara Simda Perencanaan (e-planning) dengan Simda Keuangan (e-budgeting) serta SAKIP  diharapkan menjadi sebuah jawaban atas kebutuhan sistem yang terintegrasi dalam pemerintahan. Disamping itu juga, aplikasi ini diharapkan mampu membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan dan anggaran yang partisipatif, transparan, akuntabel dan berkualitas serta dapat dikontrol oleh masyarakat.Sehingga pada akhirnya sistem tersebut dapat menutup celah/ titik yang rawan akan kecurangan. Terang Bapak Ariesca K.S BPKP Provinsi Sumsel.

Aplikasi SIMDA Perencanaan (e-planning) yang terintegrasi dengan SIMDA Keuangan (e-budgeting) diharapkan mampu membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan dan anggaran yang partisipatif, transparan, akuntabel dan berkualitas serta dapat dikontrol oleh masyarakat.

Untuk upaya integrasi antara e-planning dan e-budgeting, saat ini telah sampai pada tahapan Simda Perencanaan Lima Tahunan yaitu penginputan Renstra PD beserta Perubahan dan Penyelarasan Perencanaan Lima Tahunan. Untuk selanjutnya workshop Simda Perencanaan ini akan dilanjutkan lagi pada bulan Oktober untuk tahapan Simda Perencanaan Tahunan.