BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Evaluasi Sistem Informasi Perangkat Daerah


Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Musi Banyuasin melaui Bidang Penelitian dan Pengembangan melaksanakan Rapat Evaluasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Tahun 2018 Kabupaten Musi Banyuasin pada hari kamis tanggal 18 Juli 2019 bertempat di ruang rapat Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa instansi terkait yang memiliki data dalam tiga komponen urusan dalam pemerintahan yaitu urusan pelayanan dasar dan non dasar, urusan pilihan dan urusan umum, antara lain dinas pu pr, pu perkim, dinas lingkungan hidup, kominfo, dinas sosial, dinas perdagangan dan perindustrian, dinas perkebunan, dinas tanaman pangan hortikultura dan peternakan, dinas pemuda dan olahraga serta dinas-dinas terkait lainnya.

Adapun tujuan diselenggarakannya rapat evaluasi ini yaitu untuk menginformasikan, perkembangan keterisian data yang telah diinput ke sistem aplikasi SIPD. Serta sebagai salah satu upaya dalam rangka koreksi data yang telah masuk agar akurasi data lebih terjaga, ntuk mendapatkan informasi terbaru baik regulasi ataupun pengembangan aplikasi SIPD, serta mendiskusikan permasalahan hal-hal yang menjadi permasalahan dalam memenuhi tuntutan aturan sebagaimana diamanatkan Permendagri no 8 tahun 2014 tentang SIPD.

SIPD merupakan sistem aplikasi yang berfungsi sebagai sebuah jejaring dalam pengumpulan data secara terpadu, realtime dan online di pusat dan daerah dengan menggunakan teknologi informasi, sebagai dukungan dalam perencanaan program dan kegiatan serta evaluasi pembangunan daerah secara rasional, efektif dan efisien. Tentunya Sistem informasi tersebut dapat juga digunakan untuk mendukung integrasi pemanfaatan data terkait dengan perkembangan Pembangunan pada masing-masing instansi pemerintah.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan menyampaikan bahwa penginputan data yang belum selesai, agar dapat diselesaikan segera oleh agen data terkait. Karena, hasil rapat ini akan dibawa untuk dijadikan laporan ke Bupati atau pun Sekretaris Daerah. Yang kemudian, kami akan menyurati instansi terkait yang belum menyelesaikan data SIPD tersebut, ungkap Kabid Litbang.