BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Rapat Koordinasi Forum TJSP Kabupaten Musi Banyuasin dan Rencana Program Kegiatan CD CSR Perusahaan Tahun 2019


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Bappeda Kab. Muba) melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan menyelenggarakan rapat Koordinasi Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) dan Rencana Program/Kegiatan CD / CSR Perusahaan Tahun 2019, pada hari selasa tanggal 2 April 2019 di ruang rapat serasan sekate pemerintah Kab. Muba.

Rapat diawali dengan pemaparan oleh Kepala Bappeda Ir. Zulfakar, M.Si tentang beberapa peranan perusahaan ditahun sebelumnya di kabupaten Musi Banyuasin serta hasil-hasil pembangunan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin, mulai dari pendidikan, infrastruktur jalan, sanitasi, kesehatan serta pembangunan-pembangunan lainnya. Setelah pemaparanan yang dilaksanakan oleh kepala Bappeda,rapat kemudian dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs. H. Apriyadi, M.Si.

Menurutnya, keberadaan perusahaan di Musi Banyuasin harus disinergikan dengan program pembangunan Pemkab Muba yang tidak bisa di cover oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tetapi bisa dicover oleh Corporate Social Responsibility (CSR).Perusahaan di Muba harus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar baik di bidang lingkungan, pendidikan, olahraga, kesehatan, sosial dan pengentasan kemiskinan, UMKM maupun sarana dan prasarana.

Selain mewajibkan melaksanakan CSR, Sekda juga meminta perusahaan untuk patuh terhadap BPJS Kesehatan bagi seluruh karyawan tetap maupun buruh harian lepas sebagaimana diatur dalam undang-undang.

Dari tahun 2004 jaminan kesehatan karyawan yang seharusnya menjadi tanggung jawab perusahaan malah dibebankan kepada Pemkab Muba, mulai sekarang kami tidak mau lagi karena aturannya sudah jelas semua perusahaan diwajibkan memasukkan semua pegawainya ke BPJS Kesehatan," jelasnya.

Sementara itu Perwakilan dari Indofood Grup Agus Setiawan menyatakan pada perinsipnya perusahaan siap bersinergi dengan Pemkab Muba untuk bekerjasama melaksanakan kewajiban kepada masyarakat.

"Setiap perusahaan mempunyai program CSR namun dalam implementasinya sering tidak tepat sasaran, untuk itu kami harapkan melalui rapat ini bisa membantu agar tidak terjadi tumpang tindih penyaluran dana dan praktek pembangunan,"harapnya.