BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

FGD Kemiskinan Pada Pra dan Forum Perangkat Daerah


Sekayu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah melaksanakan FGD Kemiskinan pada Pra Forum Perangkat Daerah dan Pembukaan Forum Perangkat Daerah di ruang rapat Bappeda lantai II pada tanggal 19 – 20 Maret 2019.

Kepala Bappeda Musi Banyuasin, Ir. Zulfakar, M.Si menyatakan bahwa FGD Kemiskinan pra Forum perangkat daerah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan masing-masing perangkat daerah untuk menyusun program dan kegiatan yang tepat dan efektif dalam mengatasi masalah kemiskinan  serta untuk mempertajam program/kegiatan perangkat daerah agar lebih fokus dan terukur terhadap kemiskinan sesuai dengan data yang ada.

Focus Group Discussion Kemiskinan yang dihadiri oleh Bappeda  Kabupaten Sragen ini juga memberikan kesempatan kepada Kepala Bappeda Kabupaten Sragen, Tugiyono, SH untuk memaparkan bagaimana pengentasan kemiskinan di Kabupaten Sragen. Menurutnya ada beberapa hal yang dilakukan untuk mengatasi masalah kemiskinan antara lain : penyediaan lahan basah dan adanya stiker untuk keluarga miskin yang ditempel di setiap rumah, supaya mudah mengetahui berapa jumlah warga miskin; pelayanan terpadu dalam penanggulangan kemiskinan yang dilengkapi dengan single database; membiayai sekolah hingga masuk ke sekolah tinggi; adanya iuran pribadi untuk membangun rumah bagi keluarga miskin dan lain sebagainya, ungkapnya.

Berikut Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin juga menyatakan bahwa perlunya dibentuk kantor khusus pelayanan keluarga miskin di kabupaten Musi Banyuasin agar pengentasan kemiskinan lebih terfokus.

Kemudian dihari berikutnya diikuti dengan pembukaan Forum Perangkat Daerah yang dalam hal ini di buka langsung oleh Sekretaris Daerah Selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Sekretaris Daerah menyampaikan kepada perangkat daerah agar lebih fokus dalam pengentasan kemiskinan ditahun 2020 mendatang. Dikarenakan target penurunan angka kemiskinan sampai 2022 adalah mencapai satu digit angka. Hal ini sangatlah berat, dan membutuhkan komitmen dan kesungguhan yang maksimal kepala perangkat daerah, agar program/kegiatan yang dilaksanakan pada tahun mendatang lebih tepat sasarannya dalam pengentasan kemiskinan, serta disesuaikan dengan 4 (empat) prioritas daerah tahun 2020.

Setelah FGD kemiskinan dan Pembukaan forum perangkat daerah, rapat akan dilanjutkan dengan bidang-bidang mitra masing-masing perangkat daerah yang akan berlangsung hingga tanggal 26 maret 2019 di Kantor Bappeda Kabupaten Musi Banyuasin.