BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Launching Universal Health Coverage (UHC) dan MoU Kerjasama Daerah Perbatasan MUBA dan PALI


Sekayu, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan kegiatan Launching UHC dan melakukan kerjasama daerah perbatasan dengan Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan pada 11 Maret 2019 pukul 14.00 Wib di Opproom Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Musi Banyuasin, Pelopor Berobat Gratis H. Alex Noerdin, Sekretaris Daerah Kabupaten PALI beserta rombongan, Deputi BPJS Wilayah Sumbagsel Erna Wijaya Kesuma, serta 800 peserta dari tenaga medis dan puskesmas yang ada di lingkungan pemerintah kabupaten Musi Banyuasin.

Sekda Muba melaporkan bahwa kerjasama daerah antara Pemkab Muba dan Pemkab Pali yaitu sarana prasarana dasar seperti pendidikan, pelayanan kesehatan, infrastruktur, air minum yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah perbatasan kabupaten Muba dan kabupaten Pali.

Bupati Muba menjelaskan, program berobat gratis sudah diberlakukan di Muba sejak 2002 saat masa kepemimpinan Bupati Alex Noerdin dan menjadi pelopor berobat gratis di Indonesia. “Sejak 1 Januari 2019 program berobat gratis jaminan Muba Sehat resmi dihentikan sesuai Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, kini seluruh program berobat gratis tersebut dialihkan ke JKN melalui BPJS Kesehatan,” Pemkab Muba akan fokus meningkatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas cabang pembantu di pedesaan hingga RSUD Sekayu. Pemkab Muba juga akan menerapkan prosedur open member yang nantinya tidak ada lagi warga Muba yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis dan baik, semuanya harus tercover pada asuransi kesehatan, Pemkab Muba juga telah melaksanakan kerjasama untuk pelayanan kesehatan dengan Pemkab Pali dan akan dicantumkan dalam MoU kerjasama Daerah Perbatasan Muba dan Pali.

Sementara itu, Deputi Direksi Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu BPJS Kesehatan Erna Wijaya Kesuma sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Muba yang telah meng-cover sebagian besar warga Muba dalam kepesertaan JKN-KIS atau BPJS Kesehatan.

“Kami dari pihak BPJS Kesehatan sangat kagum dan mengapresiasi Bupati Muba yang sangat komitmen dan konsisten memperhatikan serta merealisasikan pelayanan kesehatan bagi warganya, oleh sebab itu Muba sangat pantas mendapatkan predikat UHC,” katanya.