BERITA

Home Berita Detail Berita

Cetak

Musrenbang Kecamatan Sanga Desa


Sanga Desa, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan Musrenbang Kecamatan di Aula Kecamatan Sanga Desa kabupaten Muba dengan tema Peningkatan Produktifitas Sektor Unggulan Berbasis Percepatan Pengurangan Kemiskinan Melalui Peningkatan Pelayanan Dasar, Nilai Tambah Ekonomi, Serta Peran Generasi Muda dan Perempuan, Jum’at 15 Februari 2019 pukul 09.00 WIB.

Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan di Kecamatan Sanga Desa ini, diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Camat Sanga Desa Bapak Suganda, AP., M.Si.,  dan dihadiri oleh unsur Perangkat Daerah dari Kabupaten Musi Banyuasin yaitu : Bappeda, Dikbud, PUPR, Perkim, Kesehatan, Kepala UPTD, Polsek Sanga Desa, Kepala Desa/Lurah dan BPD serta tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Camat Sanga Desa menyampaikan bahwa Musrenbang  Kecamatan merupakan bagian dari  tahapan penyampaian usulan hasil Musrenbang tingkat Desa dan Kelurahan yang keluarannya adalah kesepakatan program dan kegiatan prioritas yang kemudian akan menjadi masukan bagi penyusunan rancangan akhir RKPD. Usula yang disampaikan agar

Selanjutnya, sambutan dan arahan Kepala Bappeda yang diwakili oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bapak Yuwono Aries, ST., MT. Menyampaikan bahwa Sub Tema Pembangunan Kabupaten Musi Banyuasin  Tahun 2020 yaitu “Percepatan Pengurangan Kemiskinan Melalui Peningkatan Pelayanan Dasar, Nilai Tambah Ekonomi serta Peran Generasi Muda dan Perempuan”.

Adapun beberapa hal penting yang disampaikan pada Musrenbang RKPD Tahun 2020 adalah Musrenbang Kecamatan merupakan amanat Undang-undang 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah kecamatan.

Menurut Yuwono Aries, program dan kegiatan yang diusulkan dari tingkat kelurahan dan desa harus benar-benar sesuai dengan potensi, kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang bersangkutan dan diusulkan berdasarkan skala prioritas. Kepala Desa dan Lurah harus mampu memenuhi standar pelayanan publik desa dan kelurahan, penanggulangan kemiskinan dan pengembangan ekonomi Masyarakat Desa dan Kelurahan, untuk itu usulan tidak hanya pembangunan fisik saja.

Acara pun ditutup dengan penyampaian usulan-usulan pembangunan oleh Kepala Desa/Lurah se-kecamatan sanga desa, yang dirangkum dalam beberapa prioritas desa saja dan akan diinput kedalam sistem e-Planning Kabupaten Musi Banyuaisin. RED AL